Caregiver

Apa Itu Homecare, Kenali Layanan, Manfaat dan Cara Kerjanya

Banyak yang belum tahu apa itu homecare, padahal layanan kesehatan ini akan membantu aktivitas perawatan di rumah menjadi lebih mudah. Homecare tidak hanya sekedar melakukan perawatan saja, tapi juga bisa berupa perawatan atau terapi lanjutan di rumah sesuai kondisi pasien.

Seperti yang diketahui, merawat orang sakit bukanlah perkara yang mudah. Banyak hal yang harus disiapkan, dari pengetahuan terkait kesehatan, tenaga, kesabaran, hingga waktu. Inilah mengapa tak banyak orang yang bisa melakukan perawatan orang sakit di rumah.

Dari kebutuhan tersebut, menggunakan layanan homecare bisa jadi pilihan terbaik bagi keluarga tersayang. Agar tak salah dalam memilih layanan homecare, simak penjelasan lebih lengkap terkait homecare berikut ini.

Mengenal Apa Itu Homecare

apa itu homecare
Ilustrasi perawatan homecare di rumah (sumber: freepik)

Homecare adalah layanan kesehatan yang dilakukan khusus di rumah. Alih-alih ditangani sendiri oleh anggota keluarga, layanan homecare akan ditangani langsung oleh perawat yang sudah berpengalaman di bidang medis.

Tujuan dari homecare adalah membantu pasien memulihkan kondisi kesehatannya, meningkatkan sekaligus memaksimalkan perawatan pasien tanpa harus datang ke rumah sakit. Pasien homecare bervariasi, bisa berupa orang yang sedang sakit, pasien pemulihan pasca operasi, lansia, dan lainnya.

Tugas perawat yang nantinya mengurus pasien bervariasi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Ada yang membantu memastikan pasien memenuhi nutrisi hariannya, memberikan obat, melakukan terapi tambahan, hingga membantu melakukan perawatan pribadi.

Baca juga: Manfaat Menggunakan Layanan Homecare Pasca Operasi di Rumah

Jenis Layanan Homecare

apa itu homecare
Ilustrasi perawat homecare dan pasiennya di rumah (sumber: freepik)

Setelah mengetahui apa itu homecare, ada baiknya mengetahui pula berbagai jenis layanannya. Perawatan homecare setidaknya terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya:

1. Layanan Medis

Jenis layanan homecare medis biasanya dibutuhkan oleh pasien yang tetap harus menggunakan alat medis dalam kesehariannya. Alat medis ini bisa berupa alat penunjang kesehatan atau alat bantu khusus untuk menjaga kondisi tubuh pasien.

2. Layanan untuk Orang Sakit

Berikutnya adalah layanan homecare untuk orang sakit atau pasien yang dalam fase pemulihan. Pasien dari layanan ini bisa berupa pasien yang mengalami stroke, menjalani program terapi di rumah, maupun dalam tahap kemoterapi.

3. Layanan untuk Lansia

Selain untuk pasien yang tengah sakit, homecare juga bisa diberikan untuk lansia. Mereka yang sudah berusia lanjut umumnya kesulitan dalam beraktivitas. Perawat khusus lansia disebut caregiver dan akan membantu lansia dalam berbagai aktivitas di area rumah.

Baca juga: Panduan Praktis, Pentingnya Peran Caregiver dalam Merawat Orang Tua

4. Layanan untuk Bayi dan Anak-Anak

Tidak semua orang tua memiliki waktu untuk mengasuh dan membesarkan anak. Karena alasan inilah hadir layanan homecare untuk bayi yang baru lahir hingga anak-anak. Nantinya perawat akan membantu ibu untuk merawat dan mengasuh bayi dalam jangka waktu tertentu.

5. Layanan untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Kondisi tiap anak yang berbeda membuat orang tua cenderung kebingungan dengan kondisi kesehatan dan perkembangannya. Terutama untuk anak dengan kebutuhan khusus, layanan homecare pun tersedia untuk mereka agar kualitas hidup anak-anak ini tetap baik.

6. Layanan untuk Perawatan Luka

Ketika sudah mengetahui apa itu homecare, tentunya tahu pula bahwa tersedia layanan homecare khusus untuk perawatan luka. Pasien yang menggunakan layanan ini biasanya memiliki khusus kesehatan tertentu, sehingga mereka tak bisa merawat lukanya seorang diri.

7. Layanan Pasca Operasi

Setelah melakukan operasi, kondisi tubuh tak bisa langsung pulih. Agar segera kembali ke kondisi semula, pasien pasca operasi bisa menggunakan layanan homecare. Dengan layanan tersebut, pasien akan dipantau kondisi kesehatannya secara intensif.

Baca juga: 10 Pemeriksaan Kesehatan untuk Lansia yang Sebaiknya Rutin Dilakukan

Manfaat Menggunakan Layanan Homecare

apa itu homecare
Ilustrasi perawat homecare dan pasiennya (sumber: freepik)

Kehadiran layanan homecare di rumah bisa memberikan dampak yang baik, tak hanya untuk pasien yang menggunakannya, tapi juga untuk anggota keluarga yang lain. Beberapa manfaat yang akan dirasakan dengan kehadiran homecare antara lain:

1. Lebih Aman

Pemanfaatan layanan homecare di rumah bisa menghadirkan ruang yang lebih aman untuk pasien. Dengan skill dan kemampuan perawat yang tinggi terkait penyakit, kondisi tubuh, dan keadaan pasien, maka resiko kecelakaan maupun cidera bisa diminimalisir.

2. Memberikan Edukasi kepada Keluarga

Tahu apa itu homecare akan membantu anggota keluarga lain dalam merawat pasien. Perawat bisa memberikan informasi maupun kondisi kesehatan pasien secara teratur, sehingga seluruh anggota keluarga bisa bekerja sama untuk meningkatkan kesehatan pasien.

3. Lebih Efisien

Mempercayakan perawatan kepada mereka yang lebih ahli tentu akan membuat proses penyembuhan jadi lebih cepat. Karena perawat homecare merupakan perawat yang profesional, maka pasien akan mendapatkan perawatan terbaik sesuai kondisinya.

4. Lebih Hemat Waktu

Kehadiran perawat homecare di rumah akan membuat anggota keluarga yang lain menghabiskan waktu hanya untuk merawat pasien. Pasalnya perawat akan langsung mengecek dan memantau kondisi kesehatan pasien di rumah, tanpa harus ke rumah sakit.

5. Menurunkan Tingkat Stress

Ketika sedang sakit, kadangkala pasien maupun anggota keluarga yang lain mengalami stress. Biasanya terjadi ketika penyakit yang dialami oleh pasien terlalu memforsir waktu maupun tenaga keluarga. Keberadaan layanan homecare akan membantu menurunkan tingkat stress karena perawat secara langsung mengurus pasien.

Baca juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan Mental Lansia Agar Tidak Stress

Cara Kerja Layanan Homecare

apa itu homecare
Ilustrasi lansia dengan perawat caregiver (sumber: freepik)

Terkait cara kerjanya, homecare memiliki alur yang cukup praktis. Pihak keluarga bisa langsung memilih perawat sesuai kualifikasi maupun kondisi kesehatan pasien. Pastikan perawat yang dipilih memang memiliki kemampuan, pengalaman, serta sertifikasi yang relevan.

Setelah memilih perawat homecare yang diinginkan, selanjutnya berupa persiapan untuk merawat pasien. Dimulai dengan memberikan identitas kepada pasien, menyediakan perlengakapan penunjang untuk pasien, serta file asuhan keperawatan.

Melihat bagaimana pentingnya peran homecare, menghadirkan perawat yang profesional untuk merawat yang tersayang menjadi hal yang harus dilakukan. Anda bisa menggunakan layanan homecare dari Caregiver ID.

Caregiver ID menghadirkan perawat yang tersertifikasi, berpengalaman, serta memiliki kemampuan yang mumpuni untuk merawat lansia maupun pasien yang sedang sakit. Kenali apa itu homecare dan pastikan memilih layanan homecare terbaik di Caregiver ID.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *