Caregiver

Pantau Kesehatan Lebih Mudah dengan Perawat ke Rumah

Perawat ke rumah merupakan jenis layanan kesehatan serta pendampingan yang diberikan untuk pasien di rumah. Apabila pasien tertarik untuk melakukan perawatan di rumah secara berkelanjutan, maka layanan homecare service akan disarankan.

Jenis layanan yang diberikan saat perawat ke rumah bervariasi, tergantung dengan kondisi pasien. Layanan bisa berupa pemberian perawatan medis, non medis, nursing care, maupun caregiver. Kenali lebih dalam layanan homecare perawat datang ke rumah lewat penjelasan berikut ini.

Apakah Perawat Perlu Datang ke Rumah?

perawat ke rumah
Ilustrasi lansia bersama perawat di rumah (sumber: freepik)

Umumnya perawat bisa datang ke rumah apabila pasien memiliki kebutuhan khusus. Namun kebutuhan atau layanan khusus ini tak mengharuskan mereka menuju rumah sakit, sehingga bisa dilakukan di rumah saja.

Setidaknya ada beberapa kondisi pasien yang disarankan menggunakan layanan perawat datang ke rumah, baik untuk memberikan perawatan, pendampingan, ataupun membantu melakukan tindakan medis, diantaranya:

  • Pasien yang mengalami sakit kronis, sehingga tidak memungkinkan untuk selalu datang ke rumah sakit.
  • Pasien yang sedang dalam proses penyembuhan pasca operasi, sehingga kesulitan melakukan aktivitas sendiri.
  • Pasien yang memiliki disabilitas, nantinya perawat akan memberikan bantuan untuk melakukan berbagai kegiatan apabila dibutuhkan.
  • Pasien yang mengalami cidera, terutama cidera sedang dan berat yang membutuhkan perawatan intensif.
  • Lansia usia lanjut yang membutuhka pengawasan, perawatan, serta pantauan kondisi kesehatan di rumah.

Tujuan kehadiran perawat di rumah adalah meningkatkan, menjaga kesehatan mental maupun fisik, serta mencegah terjadinya cidera maupun penurunan kondisi. Oleh karena itu, kehadiran perawat penting dan direkomendasikan untuk pasien kondisi diatas.

Baca juga: Apa Itu Homecare, Kenali Layanan, Manfaat dan Cara Kerjanya

Kelebihan dan Manfaat Menggunakan Layanan Perawat ke Rumah

perawat ke rumah
Ilustrasi lansia mengunjungi pasien di rumah (sumber: freepik)

Sebagai layanan perawatan di rumah, tentunya homecare menghadirkan manfaat dan kelebihan, baik bagi pasien maupun bagi keluarga.

1. Lebih Ekonomis

Menghadirkan perawat ke rumah tentunya membuat budget menjadi lebih ekonomis. Tak hanya bisa menghemat biaya, tenaga dan waktu pun jadi tak terbuang percuma dengan kehadiran perawat di rumah. Biaya transportasi ke rumah sakit pun bisa dimanfaatkan untuk menunjang kesehatan pasien jadi lebih optimal.

2. Pengawasan Lebih Mudah

Kehadiran perawat di rumah, baik perawat medis maupun non medis, akan membantu keluarga mengawasi kesehatan pasien. Bisa jadi perawat mengetahui kondisi maupun gejala kesehatan tertentu yang luput dari pengawasan keluarga.

3. Pasien Tidak Kesepian

Adanya perawat di rumah akan membuat pasien tak merasa kesepian selama masa pemulihan maupun perawatan. Apalagi jika keluarga pasien tak bisa menemani karena sibuk bekerja, kehadiran perawat akan membantu jembatan komunikasi antara pasien dengan keluarga.

4. Dapat Digunakan Sesuai Kebutuhan

Pasien memiliki kebutuhan yang berbeda, layanan perawat ke rumah pun bisa menyesuaikan. Keluarga dapat menyesuaikan perawatan yang diberikan kepada pasien dengan jenis layanan yang disediakan oleh perawat.

5. Dapat Membantu Melakukan Tindakan Medis

Umumnya perawat memiliki pengetahuan dan kemampuan dasar untuk melakukan tindakan medis. Oleh karena itu, apabila diperlukan perawat bisa membantu pasien dalam memberikan suntikan maupun infus. Tentunya langkah tersebut harus mendapatkan persetujuan dari dokter.

Baca juga: Manfaat Menggunakan Layanan Homecare Pasca Operasi di Rumah

Apa yang Harus Dipersiapkan?

perawat ke rumah
Ilustrasi perawat merawat pasiennya di rumah (sumber: freepik)

Sebelum menghadirkan perawat ke rumah, ada baiknya keluarga melakukan diskusi terlebih dahulu dengan perawat terkait kesiapan dan kondisi pasien. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Kondisi medis yang dimiliki pasien, lengkap dengan riwayat penyakit serta jenis obat yang dikonsumsi.
  • Gejala maupun kondisi darurat yang perlu diwaspadai saat merawat atau membersamai pasien.
  • Masalah mobilitas yang pasien alami, misalnya kesulitan dalam berjalan, sulit menggerakkan tangan, atau lainnya.
  • Pemakaian alat medis maupun alat bantu oleh pasien.
  • Alergi maupun pola makan khusus yang pasien miliki.
  • Aktivitas pasien sehari-hari, jadwal kegiatan, maupun apa-apa yang disukai maupun tidak disukai oleh pasien.

Keluarga juga bisa menanyakan pilihan layanan yang tersedia maupun disediakan oleh perawat. Dengan begitu, antara pihak perawat, keluarga, maupun pasien tak terjadi kesalah pahaman.

Baca juga: Tips Memilih Jasa Perawat Lansia yang Tepat dan Terpercaya

Cara Memilih Perawat untuk Homecare

Memilih perawat ke rumah tak boleh sembarangan, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan agar tak ada kesalahan maupun kemungkinan cidera. Misalnya memastikan bahwa layanan perawat datang ke rumah yang dipilih memang memiliki izin resmi.

Dengan izin yang resmi, perawat tentunya merupakan ahli kesehatan yang berpengalaman dan profesional. Pastikan juga penyedia layanan homecare maupun perawat memang memiliki lisensi profesi maupun pelatihan.

Caregiver ID bisa menjadi pilihan untuk Anda yang mencari perawat homecare untuk keluarga. Lewat Caregiver ID, Anda bisa menghadirkan perawat lansia maupun perawat orang sakit ke rumah. Melihat bagaimana penting dan besarnya manfaat dari perawat ke rumah untuk merawat pasien, perawat dari Caregiver ID bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *