Caregiver

Cara Menjadi Perawat Homecare dan Syarat Lengkapnya

Cara menjadi perawat homecare tak diketahui oleh banyak orang. Padahal karier menjadi perawat begitu dibutuhkan di masa sekarang ini. Mengingat proses merawat orang sakit, lansia, ataupun berkebutuhan khusus tak harus dilakukan di rumah sakit.

Lewat perawat yang datang ke rumah, kesehatan pasien dapat terpantau dengan baik. Tentunya untuk menjadi perawat semacam ini harus melengkapi persyaratan. Berikut adalah penjelasan lengkap terkait cara menjadi perawat homecare dan berbagai persyaratannya yang harus dipenuhi.

Mengenal Perawat Homecare

cara menjadi perawat homecare
Ilustrasi perawat homecare bersama pasiennya (sumber: freepik)

Perawat homecare adalah perawt profesional yang tersertifikasi, sehingga dapat memberikan perawatan secara personal pada pasien di rumah. Ketika pasien menggunakan perawat homecare, maka ia tak perlu datang ke rumah sakit untuk memantau kesehatan maupun melakukan terapi.

Banyak pasien yang disarankan menggunakan perawat homecare, diantaranya mereka yang mengidap penyakit serius, mengalami cidera, lansia, maupun ibu pasca melahirkan. Kondisi yang berbeda-beda ini tentunya membutuhkan skill dan kemampuan yang mumpuni agar pasien tetap terjaga kondisinya.

Umumnya cara menjadi perawat homecare dapat dilakukan lewat afiliasi lembaga tertentu. Karena membutuhkan skill, sertifikasi, dan kemampuan yang mumpuni, lembaga kesehatan tersebut akan memberikan jaminan bahwa perawat yang dihadirkan memang sudah berpengalaman.

Baca juga: Pantau Kesehatan Lebih Mudah dengan Perawat ke Rumah

Tugas Perawat Homecare

cara menjadi perawat homecare
Ilustrasi perawat homecare yang merawat pasiennya (sumber: freepik)

Sebelum menjadi perawat homecare, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa saja tugas-tugasnya. Dengan begitu, perawat bisa mendapatkan pelatihan yang sesuai dengan kondisi yang ada saat merawat pasien.

1. Mengatur Lingkungan di Rumah

Lingkungan yang nyaman, bersih, dan tertata dengan rapi tentunya bisa menunjang kesehatan pasien maupun keluarganya. Oleh karena itu, perawat homecare dianjurkan untuk selalu mengatur lingkungan rumah dengan mengatur ketersediaan cahaya, memastikan ventilasi udara terjaga baik, hingga membuat ruangan bersuhu sejuk.

2. Membuat Jadwal Perawatan

Selama bertugas menjaga pasien, perawat homecare juga harus memastikan bahwa pasien mendapatkan perawatan sesuai kondisinya. Tidak jarang perawat homecare diharuskan untuk memantau jadwal perawatan, mengantarkan terapi, hingga memastikan dosis obat yang diminum.

3. Menjaga Asupan Nutrisi Pasien

Asupan nutrisi yang tercukupi setiap harinya akan membantu pasien menjaga dan meningkatkan kesehatan. Perawat homecare disarankan untuk menyiapkan makanan sehat, bergizi, dan sesuai dengan kondisi pasien.

Baca juga: Manfaatkan Jasa Perawat Homecare untuk Rawat Keluarga Sakit

4. Membantu Pasien Beraktivitas

Meski tidak sering, namun pasien yang dirawat oleh perawat homecare merupakan pasien tirah baring atau lansia. Dengan demikian, perawat homecare nantinya akan membantu pasien beraktivitas, dari membersihkan tempat tidur, berolahraga ringan, hingga berpindah tempat.

5. Membantu Komunikasi dengan Tenaga Kesehatan

Karena cara menjadi perawat homecare membutuhkan sertifikasi dari lembaga kesehatan, perawat homecare umumnya bisa membantu keluarga untuk berkomunikasi dengan tenaga kesehatan. Lewat langkah tersebut, kesehatan pasien pun dapat terpantau dengan baik.

6. Memberikan Edukasi

Selain memastikan kesehatan pasien, perawat homecare juga dianjurkan untuk memberikan edukasi maupun informasi kepada keluarga pasien. Edukasi yang diberikan bisa berupa kondisi kesehatan pasien, jadwal pengobatan, hingga hal medis lain yang berkaitan dengan pasien.

Baca juga: Apa Itu Homecare, Kenali Layanan, Manfaat dan Cara Kerjanya

Syarat Menjadi Perawat Homecare

cara menjadi perawat homecare
Ilustrasi perawat homecare yang merawat pasien (sumber: freepik)

Langkah pertama cara menjadi perawat homecare adalah memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh lembaga afiliasi maupun pasien. Beberapa persyaratan yang sering diajukan kepada calon perawat homecare adalah:

  • Mendapatkan ilmu dan pengetahuan terkait Keperawatan, baik di jenjang sekolah menengah atas, diploma maupun sarjana.
  • Mempunyai sertifikasi pelatihan dan cara melakukan homecare.
  • Mempunyai Surat Tanda Registrasi yang terdaftar secara resmi dan masih aktif.
  • Memiliki sikap yang baik, sopan, ramah, dan sabar.
  • Akan lebih baik apabila tidak buta warna, sehingga bisa membedakan warna obat maupun infus untuk pasien.
  • Memiliki rasa empati yang tinggi, tidak mudah jijik, serta tidak memiliki penyakit yang menular.
  • Bia berkomunikasi dengan baik, terutama komunikasi antara pasien, keluarga, maupun tenaga kesehatan seperti dokter.
  • Memiliki mental yang kuat dan bisa menjaga kebersihan diri.

Cara Menjadi Perawat Homecare Tersertifikasi

cara menjadi perawat homecare
Ilustrasi perawat homecare dan pasien (sumber: freepik)

Lewat tingginya kebutuhan perawat homecare saat ini, berkarir sebagai tenaga kesehatan ini cukup menjanjikan. Berikut adalah cara menjadi perawat homecare tersertifikasi, sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik pada pasien.

1. Lakukan Pendidikan Keperawatan

Langkah pertama adalah melakukan pendidikan keperawatan. Pendidikan ini bisa dilakukan baik secara formal maupun non formal. Pendidikan perawat homecare akan membantu calon perawat untuk memiliki keterampilan dan pengetahuan untuk mengurus pasien.

2. Dapatkan Sertifikasi Resmi

Setelah menyelesaikan pendidikan, calon perawat nantinya akan mendapatkan sertifikasi resmi atas pendidikan yang telah dilakukan. Perawat juga disarankan untuk memiliki surat registrasi, surat izin praktik, maupun sertifikat lain yang bisa menunjang tugasnya.

Baca juga: Manfaat Menggunakan Layanan Homecare Pasca Operasi di Rumah

3. Mencari Pengalaman

Calon perawat homecare akan lebih diperhitungkan apabila memiliki pengalaman sebagai perawat sebelumnya. Oleh karena itu, calon perawat dianjurkan untuk mencari pengalaman sebagai perawat di klinik, RS, maupun lembaga sejenis terlebih dahulu.

4. Berafiliasi Dengan Penyedia Jasa Perawat Homecare

Tidak semua calon perawat homecare langsung mendapatkan pekerjaan setelah menyelesaikan pendidikan. Agar lebih mudah, calon perawat homecare dapat berafiliasi dengan lembaga penyedia jasa perawat homecare.

Apabila Anda tertarik untuk menjadi perawat homecare, Anda bisa bergabung dengan Caregiver ID. Sebagai penyedia jasa perawat homecare yang legal, Anda bisa menyesuaikan jenis keperawatan pada pasien.

Saat ini Caregiver ID menghadirkan layanan perawat orang sakit, perawat maternitas, perawat lansia atau caregiver, perawat anak atau nanny care, serta perawat untuk anak berkebutuhan khusus. Hubungi Caregiver ID untuk menjadi mitra perawat homecare yang tersertifikasi, profesional, dan memiliki kemampuan yang unggul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *